RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : Kegemaranku/Gemar Bernyanyi
Petemuan ke : 2
Semester : 1 (Satu)
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
AGAMA
1.1
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah
PPKn.
4.2
Melaksanakan tata
tertib di rumah dan sekolah
4.3
Mengamati dan
menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
BAHASA INDONESIA
3.1 Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda,
serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
4.1 Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
4.5 Membuat
teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
MATEMATIKA
3.1 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.2 Menyatakan
suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah
bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagi
C. INDIKATOR
AGAMA
1.
Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2.
Mengulang bacaan do’a sesudah belajar
PPKn
1.
Menunjukan sikap bekerja sama dalam melakukan kegiatan
kelompok
BAHASA INDONESIA
1.
Mendengarkan teks lagu yang di bacakan dengan tertib
2.
Menirukan bacaan teks lagu yang didengar
3.
Membaca kembali teks lagu dengan nyaring
MATEMATIKA
1.
Menghitung jumlah kata-kata tertentu
pada teks lagu yang dipelajar
SENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.
Menyanyikan sebuah lagu pilihannya
D. TUJUAN
1.
Siswa dapat menunjukan sikap patuh
pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
2.
Dengan
membiasakn memboca doa sebelum dan sesudah belajar, siswa dapat melafalkan
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
3.
Dengan bimbingan guru,
siswa mampu menyanyikan lagu ‘Naik-Naik ke Puncak Gunung’ dengan lancar dan
percaya diri.
4.
Dengan mengamati teks
lagu, siswa mampu menghitung jumlah kata-kata tertentu pada lagu tersebut
dengan tepat.
5.
Dengan menggunakan teks
lagu, siswa mampu membaca kalimat-kalimat yang ada pada syair lagu dengan benar.
6.
Setelah membaca, siswa
diminta menyusun potonganpotongan syair lagu dengan tepat.
7.
Setelah menyusun
potongan-potongan syair lagu, siswa dapat menentukan kata yang hilang dari satu
penggalan lagu dengan tepat.
E. MATERI
AGAMA
1.
Bacaan do’a sebelum belajar
2.
Bacaan do’a sesudah belajar
3.
Bernyanyi “Naik-naik ke puncak gunung”
4. Menghitung jumlah kata dalam lagu
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2. Guru mengecek kehadiran siswa
(PResensi)
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru
mengenalkan lagu anak-anak “Naik Naik ke Puncak Gunung”.
2.
Siswa dan
guru menyanyikan lagu tersebut secara bersama-sama dengan penuh semangat.
3.
Setelah
semua siswa bernyanyi, siswa diminta untuk mencari
kata-kata yang sudah ditentukan di buku siswa dan
menghitung jumlah kata tersebut dalam teks lagu yang dipelajari.
4.
Siswa
menuliskan hasil pengamatannya pada tabel yang telah
disiapkan dengan benar.
5.
Siswa
menghitung total kata-kata tersebut dengan teliti.
6.
Siswa dan
guru membahas hasil penghitungan secara bersama-sama.
Langkah-Langkah Kegiatan:
1.
Siswa
mendengarkan teks lagu anak-anak yang dibacakan guru. (“Naik Puncak Gunung”).
2.
Setiap
kelompok harus menyusun potongan-potongan kata tersebut menjadi teks lagu
yang utuh.
3.
Kelompok
siswa yang sudah selesai boleh membantu kelompok lain yang membutuhkan.
4.
Selanjutnya,
siswa diminta melengkapi potongan lagu yang ditulis pada buku siswa.
5.
Siswa juga
menuliskan kata yang belum dimengerti.
6.
Siswa dan
guru mendiskusikan kata-kata yang sulit dimengerti siswa pada teks lagu-lagu.
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari
ini.
2. Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian hasil belajar
4. Guru
memberikan pekerjaan rumah berupa = Orang tua mengajak siswa
berlatih menulis kata-kata yang dekat dengan suasana sehari-hari.
5. Guru Mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
6. Mengamati sikap siswa dalam
berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
7. Apabila ada siswa yang kurang
benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan
berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Lingkungan keluarga
·
Lingkungan sekolah
·
Buku TematikKelas I
·
Buku Pengembangan Diri Anak
·
Teks Lagu Naik-naik ke Puncak Gunung
I.
PENILAIAN
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir)
- Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Isian singkat
Contoh instrument :
Mengetahui Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,
.................................................... ...............................................
NIP ............................................. NIP ........................................
0 komentar:
Posting Komentar