RSS
Selamat Datang

Contoh RPP Kurikulum 2013 (Kegemaranku/Gemar Bernyanyi)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester         : 1 / 2
Tema / topik               :  Kegemaranku/Gemar Bernyanyi
Petemuan ke              :  2
Semester                     :  1 (Satu)
Alokasi waktu            : 1 Hari


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
 AGAMA
1.1    Berdoa sebelum dan sesudah belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah 
 PPKn.
4.2    Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.3     Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
   BAHASA INDONESIA
3.1  Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5  Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
     MATEMATIKA
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.2  Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
     SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
4.7  Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagi

C.    INDIKATOR
 AGAMA
1.      Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2.      Mengulang bacaan do’a sesudah belajar
 PPKn
1.      Menunjukan sikap bekerja sama dalam melakukan kegiatan kelompok
BAHASA INDONESIA
1.      Mendengarkan teks lagu yang di bacakan dengan tertib
2.      Menirukan bacaan teks lagu yang didengar
3.      Membaca kembali teks lagu dengan nyaring
MATEMATIKA
1.      Menghitung jumlah kata-kata tertentu pada teks lagu yang dipelajar
mengenal makanan sehat (mmSENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.      Menyanyikan sebuah lagu pilihannya

D.    TUJUAN
1.      Siswa dapat menunjukan sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
2.      Dengan membiasakn memboca doa sebelum dan sesudah belajar, siswa dapat melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
3.      Dengan bimbingan guru, siswa mampu menyanyikan lagu ‘Naik-Naik ke Puncak Gunung’ dengan lancar dan percaya diri.
4.      Dengan mengamati teks lagu, siswa mampu menghitung jumlah kata-kata tertentu pada lagu tersebut dengan tepat.
5.      Dengan menggunakan teks lagu, siswa mampu membaca kalimat-kalimat yang ada pada syair lagu dengan benar.
6.      Setelah membaca, siswa diminta menyusun potonganpotongan syair lagu dengan tepat.
7.      Setelah menyusun potongan-potongan syair lagu, siswa dapat menentukan kata yang hilang dari satu penggalan lagu dengan tepat.

E.     MATERI
AGAMA
1.      Bacaan do’a sebelum belajar
2.      Bacaan do’a sesudah belajar
3.      Bernyanyi “Naik-naik ke puncak gunung”
4.      Menghitung jumlah kata dalam lagu
F.       PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Guru mengecek kehadiran siswa (PResensi)
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
1.   Guru mengenalkan lagu anak-anak “Naik Naik ke Puncak Gunung”.
2.   Siswa dan guru menyanyikan lagu tersebut secara bersama-sama dengan penuh semangat.
3.   Setelah semua siswa bernyanyi, siswa diminta untuk mencari kata-kata yang sudah ditentukan di buku siswa dan menghitung jumlah kata tersebut dalam teks lagu yang dipelajari.
4.   Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada tabel yang telah disiapkan dengan benar.
5.   Siswa menghitung total kata-kata tersebut dengan teliti.
6.   Siswa dan guru membahas hasil penghitungan secara bersama-sama.
Langkah-Langkah Kegiatan:
1.        Siswa mendengarkan teks lagu anak-anak yang dibacakan guru. (“Naik Puncak Gunung”).
2.        Setiap kelompok harus menyusun potongan-potongan kata tersebut menjadi teks lagu yang utuh.
3.        Kelompok siswa yang sudah selesai boleh membantu kelompok lain yang membutuhkan.
4.        Selanjutnya, siswa diminta melengkapi potongan lagu yang ditulis pada buku siswa.
5.        Siswa juga menuliskan kata yang belum dimengerti.
6.        Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang sulit dimengerti siswa pada teks lagu-lagu.
150 menit
Penutup

1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Guru memberikan pekerjaan rumah berupa = Orang tua mengajak siswa berlatih menulis kata-kata yang dekat dengan suasana sehari-hari.
5.      Guru Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
6.      Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
7.      Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.                SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan keluarga
·         Lingkungan sekolah
·         Buku TematikKelas I
·         Buku Pengembangan Diri Anak
·         Teks Lagu Naik-naik ke Puncak Gunung

I.         PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Isian singkat
Contoh instrument :
 











Mengetahui                                                                            Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,                                                                      

....................................................                                            ...............................................                                    
NIP .............................................                                           NIP  ........................................







0 komentar:

Posting Komentar