RSS
Selamat Datang

Contoh RPP Kurikulum 2013 (Selalu Berhemat Energi)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan                  :  SD .....................
Kelas/Semester                        :  IV/1
Tema                                       :  Selalu Berhemat Energi
Subtema                                  :  Pemenfaataan Energi
Pertemuan Ke                         :  2
Alokasi Waktu                        :  1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       KOMPETENSI DASAR
3.4         Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan peman  faatannya dalam kehidupan sehari­hari

Matematika
3.11     Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian
4.1         Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal, dan persen terkait dengan aktivitas sehari­hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya.
SBDP
3.5         Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.14     Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan

C.      INDIKATOR
IPA
·      Menjelaskan tentang sumber-sumber energi alternatif dan manfaatnya
Matematika
·      Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan sepasang kalimat matematika yang mempunyai nilai yang sama atau berbeda
SBDP
·      Berkreasi membuat baling-baling kertas dengan menggunakan bahan alam yang tidak dipergunakan lagi

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
·       Setelah membaca teks, siswa mampu mengenal tentang sumber­sumber energi alternatif dan manfaatnya dengan benar.
·       Dengan menganalisa gambar dan infrmormasi, siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bilangan  dengan benar.
·       Dengan menganalisa langkah­langkah pengerjaan, siswa mampu berkreasi membuat baling-baling kertas dengan mandiri dan benar.

E.    MATERI PEMBELAJARAN
2. Soal matematika dalam bentuk cerita
3. Membuat baling-baling kertas
     
F.       PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
Pendekatan                      : Ilmiah (Scientific Approach)
Metode                            : Ceramah, Penugasan, Diskusi, Pengamatan dan Tanya jawab

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
·   Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai pembelajaran sebelumnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dipelajarai (apersepsi)
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu macam-macam energi
10 menit
Inti

·   Siswa diajak mengamati gambar-gambar energi alternatif yang di tunjukan oleh guru.
·   Guru membagikan gambar-gambar pada iswa secara berpasangan (teman sebangku)
·   Siswa mendiskusikan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar dengan teman sebangkunya.
·   Siswa ditugaskan untuk membaca materi mengenai energi alternatif yang ada di buku sisa secara individu
·   Siswa menyimpulkan tentang isi teks yang di  baca ke dalam bentuk peta pikiran dan  menceritakan hasilnya kepada teman yang lain secara berpasangan. (Penilaian no. 1)
·   Guru meminta siswa memperhatikan tabel.
·   Siswa membaca dan menjawab pertanyaan­pertanyaan tentang sepasang kalimat matematika dengan hasil yang sama atau berbeda. (Penilaian no. 2)
·   Guru membimbing siswa membuat baling-baling kertas dari bahan daur ulang. (Langkah pembuatan terlampir)
·   Siswa bersama guru berdiskusi mengenai pertanyaan yang berhubungan dengan karya yang mereka buat.
150  menit
Penutup
·  Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan
·  Guru mengkonfirmasi kesimpulan dengan teori yang ada
·  Guru melakukan penilaian hasil belajar
·  Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
·   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·  Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.      SUMBER BELAJAR DAN MEDIA
·         Buku teks siswa,
·         Gambar sumber-sumber energi alternatif 
·         Gunting
·         Karton
·         Sedotan Minuman bekas
·         Lem
·         Jarum Pentol

I.         Penilaian
1.    Prosedur Penilaian
a.    Penilaian Unjuk Kerja :
·      Pembuatan baling-baling kertas
b.      Penilaian Sikap
c.       Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan yang dilakukan delam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
d.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis:
·      Diskusi gambar dan menuliskan laporan
·      Membuat peta pikiran dan membaca tabel serta menjawab pertanyaan sesuai tabel
(Instrumen penilaian terlampir).


Mengetahui                                                                           Guru Kelas 4  
      Kepala Sekolah
………………………….                                                       ………………………….  
NIP.                                                                                        NIP.                                                                             


LAMPIRAN 1
(Instrumen Penilaian)
1.    Daftar Periksa IPA
Kriteria
Sudah
Belum
Tabel sudah menjelaskan tentang seluruh energi alternatif (6 energi)


Tabel menjelaskan tentang manfaat dari energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari



2.    Lembar kerja matematika dinilai dengan angka
No
Nilai
Menguasai materi dengan sangat baik
Menguasai materi dengan baik
Cukup menguasai materi
Kurang menguasai materi
1
<65




2
66-75




3
76-85




4
86-95




5
96-100





3.    Daftar Periksa SBDP
Kriteria
Sudah
Belum
Mampu merangkai desain baling-baling kertas secara mandiri


Mampu membuat baling-baling kertas sesuai prosedur yang benar


Baling-baling yang dibuat dapat bergerak sesuai dengan cara kerjanya


Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan baling-baling kertas (karya yang dibuat)



4.    Penilaian Sikap:
No.
Kriteria
Belum Terlihat
MulaiTerlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Ket.
1.
Teliti





2.
Rapi





3.
Bertanggung jawab





4.
Kerjasama





5
Leadership





6
Keberanian






LAMPIRAN II
Lembar Evaluasi (Hasil Belajar)

Nama   :
Kelas   :
 



Evaluasi 1
Amatilah gambar di bawah ini! Apakah gambar-gambar di bawah ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber-sumber energi?
………………………………………………………………………………………………......
Energi Alternatif
Diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman sebangkumu!
Apa yang dapat dilakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis?
Tulislah yang kamu ketahui tentang energi alternatif!

Evaluasi 2

Evaluasi 3




                                                                                                       



Baling-Baling Kertas
a.    Tujuan :
Kamu dapat membuat dan memahami cara kerja mainan baling-baling kertas.
b.    Alat dan bahan :
·      Karton
·      Sedotan minuman bekas
·      Gunting
·      Jarum pentol
·      Lem
c.    Langkah kerja :
1.      Siapkan karton berukuran 15 cm x 15 cm. Buatlah lingkaran dengan jari-jari 5 cm di pusat kertas dan buatlah garis putus-putus seperti berikut.
2.      Guntinglah pada bagian garis putus-putus dan lipatlah sebagian kertas seperti berikut. Gunakan lem untuk merekatnya.
3.      Gunakan jarum pentol untuk menusuk bagian pusat baling-baling dan masukkan ke dalam sedotan
4.      Peganglah baling-balingmu, arahkan ke arah datangnya angin. Apa yang terjadi?
d.   Jawablah Pertanyaan berikut:
1.      Apa yang menyebabkan baling-baling berputar?
2.      Apa yang terjadi jika baling-baling tidak berongga?
3.      Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan tersebut?
 

0 komentar:

Posting Komentar