Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SD .....................
Kelas/Semester : IV/1
Tema : Selalu Berhemat Energi
Subtema : Pemenfaataan
Energi
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan
peman faatannya dalam kehidupan seharihari
Matematika
3.11
Menunjukkan
pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan,
pengurangan, dan perkalian
4.1
Mengemukakan kembali
dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah
dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal, dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya.
SBDP
3.5
Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.14
Membuat karya
kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan
memanfaatkan bahan di lingkungan
C. INDIKATOR
IPA
·
Menjelaskan
tentang sumber-sumber energi alternatif dan manfaatnya
Matematika
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan sepasang kalimat matematika yang mempunyai
nilai yang sama atau berbeda
SBDP
·
Berkreasi membuat
baling-baling kertas dengan menggunakan bahan alam yang tidak dipergunakan lagi
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Setelah membaca
teks, siswa mampu mengenal tentang sumbersumber energi alternatif dan
manfaatnya dengan benar.
·
Dengan
menganalisa gambar dan infrmormasi, siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan bilangan dengan
benar.
·
Dengan
menganalisa langkahlangkah pengerjaan, siswa mampu berkreasi membuat baling-baling
kertas dengan mandiri dan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
2. Soal
matematika dalam bentuk cerita
3. Membuat baling-baling
kertas
F. PENDEKATAN,
MODEL DAN METODE
Pendekatan : Ilmiah (Scientific Approach)
Metode : Ceramah, Penugasan,
Diskusi, Pengamatan dan Tanya jawab
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
·
Guru mengkondisikan
siswa agar siap belajar
·
Guru
mengecek kehadiran siswa
·
Guru
bertanya jawab dengan siswa mengenai pembelajaran sebelumnya yang berkaitan
dengan pembelajaran yang akan dipelajarai (apersepsi)
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup
materi yang akan dipelajari, yaitu macam-macam energi
|
10 menit
|
Inti
|
· Siswa diajak mengamati gambar-gambar energi
alternatif yang di tunjukan oleh guru.
· Guru membagikan gambar-gambar pada iswa secara
berpasangan (teman sebangku)
· Siswa mendiskusikan pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar dengan teman sebangkunya.
· Siswa ditugaskan untuk membaca materi mengenai
energi alternatif yang ada di buku sisa secara individu
· Siswa menyimpulkan tentang isi teks yang di baca ke dalam bentuk peta pikiran dan menceritakan hasilnya kepada teman yang
lain secara berpasangan. (Penilaian no. 1)
· Guru meminta siswa memperhatikan tabel.
· Siswa membaca dan menjawab pertanyaanpertanyaan
tentang sepasang kalimat matematika dengan hasil yang sama atau berbeda.
(Penilaian no. 2)
· Guru membimbing siswa membuat baling-baling kertas
dari bahan daur ulang. (Langkah pembuatan terlampir)
· Siswa bersama guru berdiskusi mengenai pertanyaan yang
berhubungan dengan karya yang mereka buat.
|
150 menit
|
Penutup
|
· Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan
tentang pembelajaran yang telah dilakukan
· Guru mengkonfirmasi kesimpulan dengan teori yang ada
· Guru melakukan penilaian hasil belajar
· Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan
kepercayaan masing-masing
· Mengamati sikap siswa dalam berdo’a
(sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
· Apabila ada siswa yang kurang benar
dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a,
langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
15 menit
|
H.
SUMBER BELAJAR DAN MEDIA
·
Buku teks siswa,
·
Gambar sumber-sumber
energi alternatif
·
Gunting
·
Karton
·
Sedotan Minuman
bekas
·
Lem
·
Jarum Pentol
I.
Penilaian
1. Prosedur Penilaian
a.
Penilaian Unjuk
Kerja :
·
Pembuatan
baling-baling kertas
b.
Penilaian Sikap
c.
Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan yang dilakukan delam
kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
d.
Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis:
·
Diskusi gambar
dan menuliskan laporan
·
Membuat peta
pikiran dan membaca tabel serta menjawab pertanyaan sesuai tabel
(Instrumen
penilaian terlampir).
Mengetahui Guru
Kelas 4
Kepala Sekolah
…………………………. ………………………….
NIP. NIP.
LAMPIRAN 1
(Instrumen Penilaian)
1.
Daftar Periksa
IPA
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
Tabel sudah menjelaskan tentang seluruh energi alternatif
(6 energi)
|
||
Tabel menjelaskan tentang manfaat dari energi
alternatif dalam kehidupan sehari-hari
|
2.
Lembar kerja
matematika dinilai dengan angka
No
|
Nilai
|
Menguasai materi dengan sangat baik
|
Menguasai materi dengan baik
|
Cukup menguasai materi
|
Kurang menguasai materi
|
1
|
<65
|
||||
2
|
66-75
|
||||
3
|
76-85
|
||||
4
|
86-95
|
||||
5
|
96-100
|
3.
Daftar Periksa
SBDP
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
Mampu merangkai desain baling-baling kertas secara
mandiri
|
||
Mampu membuat baling-baling kertas sesuai prosedur
yang benar
|
||
Baling-baling yang dibuat dapat bergerak sesuai
dengan cara kerjanya
|
||
Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan baling-baling kertas
(karya yang dibuat)
|
4.
Penilaian Sikap:
No.
|
Kriteria
|
Belum Terlihat
|
MulaiTerlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
Ket.
|
1.
|
Teliti
|
|||||
2.
|
Rapi
|
|||||
3.
|
Bertanggung jawab
|
|||||
4.
|
Kerjasama
|
|||||
5
|
Leadership
|
|||||
6
|
Keberanian
|
LAMPIRAN II
Lembar Evaluasi (Hasil Belajar)
Nama :
Kelas :
|
Evaluasi 1
Amatilah
gambar di bawah ini! Apakah gambar-gambar di bawah ini dapat dimanfaatkan
sebagai sumber-sumber energi?
………………………………………………………………………………………………......
Energi Alternatif
Diskusikanlah pertanyaan berikut
bersama teman sebangkumu!
Apa
yang dapat dilakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis?
Tulislah yang kamu ketahui
tentang energi alternatif!
Evaluasi 2
Evaluasi 3
Baling-Baling Kertas
a.
Tujuan :
Kamu dapat membuat dan memahami cara kerja
mainan baling-baling kertas.
b. Alat
dan bahan :
·
Karton
·
Sedotan
minuman bekas
·
Gunting
·
Jarum
pentol
·
Lem
c.
Langkah
kerja :
1.
Siapkan
karton berukuran 15 cm x 15 cm. Buatlah lingkaran dengan jari-jari 5 cm di
pusat kertas dan buatlah garis putus-putus seperti berikut.
2.
Guntinglah
pada bagian garis putus-putus dan lipatlah sebagian kertas seperti berikut.
Gunakan lem untuk merekatnya.
3.
Gunakan
jarum pentol untuk menusuk bagian pusat baling-baling dan masukkan ke dalam
sedotan
4.
Peganglah
baling-balingmu, arahkan ke arah datangnya angin. Apa yang terjadi?
d.
Jawablah
Pertanyaan berikut:
1.
Apa yang
menyebabkan baling-baling berputar?
2.
Apa
yang terjadi jika baling-baling tidak berongga?
3.
Apa
yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan tersebut?
|
0 komentar:
Posting Komentar