RSS
Selamat Datang

Contoh Pembuatan LKS PLH

Memehami Lingkungan Hidup Sekitar Rumah dan Bagian-bagiannya
1.        Pengantar
Rumah adalah lingkungan yang sangat penting untuk anak. Rumah bukan sekedar tempat anak beristirahat setelah melakukan kegiatan di luar lingkungan rumah, melainkan juga sebagai tempat belindung, bercengkramah dan berkumpul dengan seluruh anggota keluarga, bermain serta belajar. Lingkungan rumah berperan dalam mempengaruhi tumbuh kembang anak. Maka perlu bagi anak untuk memahami lingkungan sekitar rumah dan bagian-nagiannya. Sehingga anak merasa memiliki lingkungan yang ditempatinya dan dengan rasa memiliki itu akan tumbuh pada diri anak sikap peduli dan menjaga lingkungannya. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu menanmkan sikap-sikap yang disebutkan diatas. Melalui kegiatan yang menyenangkan, peserta didik akan lebih tertarik dalam melakukan kegiatan belar mengajar.
2.        Tujuan
·      Mengenal lingkungan rumah dan bagian-bagiannya
·      Menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan yang ditempatinya
·      Menanamkan sikap disiplin
3.        Bahan dan Alan yang digunakan
·      Foto/gambar halaman rumah
·      Foto/gambar halaman rumah yang dibersihkan dan tidak
·      Buku gambar
·      Pensil
·      Penghapus
·      Pensil warna
4.        Waktu
·      Disediakan sesuai dengan waktu yang dibutuhkan
5.        Langkah Kegiatan
1.      Kegiatan dilakukan di dalam kelas
2.      Agar kegiatan menarik, kegiatan diawali dengan menyanyi bersama yang dipandu oleh guru.
Kebunku
Lihat kebunku
penuh dengan bunga
ada yang putih,
dan ada yang merah

setiap hari
kusiram semua
mawar melati,
semuanya indah!
Memperlihatkan foto/gambar halaman rumah, halaman rumah yang dibersihkan dan tidak dengan ukuran yang besar dan jelas.

Memberikan pertanyaan pada peserta didik sesuai dengan gambar yang ditunjukan.
o  Gambar/foto apa ini?
o  Apa perbedaan halaman rumah yang ada pada gambar kedua?
o  Bagaimana halaman rumahmu?
1.      Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menceritakan keadaan halaman rumahnya masing-masing.
2.      Setelah peserta didik menceritakan tentang keadaan halaman rumahnya, menugaskan peserta didik untuk menggambar halaman rumahnya di buku gambar sesuai dengan kemampuan peserta didik..
3.      Guru menerangkan kembali tentang lingkungan rumah yang bersih. Cara menjaga lingkungan dengan baik, serta menerangkan dampak negatif apabila tidak menjaga/membersihkan lingkungan tempat tinggal.
4.      Mengajak peserta didik untuk merawat serta menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya, serta mempraktekannya tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga dirumah dan sekitarnya dimana mereka berada.
6.        Penegasan
Menanamkan rasa memiliki serta peduli akan lingkungan pada peserta didik sangatlah penting. Tidak hanya pada lingkungan sekolah saja melainkan juga lingkungan rumah dan sekitarnya tempat anak tinggal atau melakukan kegiatan. Sebaiknya penerapan sikap tersebut dilakukan sedini mungkin sehingga anak akan menjadi terbiasa dan tumbuh menjadi pribadi yang menghargai dan bersahabat dengan lingkungan.
7.        Evaluasi
1.    Tes kinerja
o  Penilaian terhadap pengetahuan peserta didik tentang lingkunganya pada saat memaparkan kondisi halaman rumahnya.
o  Keikut sertaan peserta didik ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung
o  Pengerjaan tugas-tugas yang diberikan
2.    Tes sikap
No
Sikap
Setuju
Tidak setuju
1
2
3
4
Memperhatikan ketika guru menerangkan
Mengikuti instruksi yang diberikan
Berpakaian bersih dan rapih
Membuang sampah pada tempatnya



0 komentar:

Posting Komentar