Memehami Lingkungan Hidup Sekitar
Rumah dan Bagian-bagiannya
1.
Pengantar
Rumah adalah lingkungan
yang sangat penting untuk anak. Rumah bukan sekedar tempat anak beristirahat
setelah melakukan kegiatan di luar lingkungan rumah, melainkan juga sebagai
tempat belindung, bercengkramah dan berkumpul dengan seluruh anggota keluarga,
bermain serta belajar. Lingkungan rumah berperan dalam mempengaruhi tumbuh
kembang anak. Maka perlu bagi anak untuk memahami lingkungan sekitar rumah dan
bagian-nagiannya. Sehingga anak merasa memiliki lingkungan yang ditempatinya
dan dengan rasa memiliki itu akan tumbuh pada diri anak sikap peduli dan
menjaga lingkungannya. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu menanmkan
sikap-sikap yang disebutkan diatas. Melalui kegiatan yang menyenangkan, peserta
didik akan lebih tertarik dalam melakukan kegiatan belar mengajar.
2.
Tujuan
· Mengenal
lingkungan rumah dan bagian-bagiannya
· Menanamkan
rasa peduli terhadap lingkungan yang ditempatinya
· Menanamkan
sikap disiplin
3.
Bahan
dan Alan yang digunakan
· Foto/gambar
halaman rumah
· Foto/gambar
halaman rumah yang dibersihkan dan tidak
· Buku
gambar
· Pensil
· Penghapus
· Pensil
warna
4.
Waktu
· Disediakan
sesuai dengan waktu yang dibutuhkan
5.
Langkah
Kegiatan
1. Kegiatan
dilakukan di dalam kelas
2. Agar
kegiatan menarik, kegiatan diawali dengan menyanyi bersama yang dipandu oleh
guru.
Kebunku
Lihat kebunku
penuh dengan bunga
ada yang putih,
dan ada yang merah
setiap hari
kusiram semua
mawar melati,
semuanya indah!
penuh dengan bunga
ada yang putih,
dan ada yang merah
setiap hari
kusiram semua
mawar melati,
semuanya indah!
Memperlihatkan foto/gambar
halaman rumah, halaman rumah yang dibersihkan dan tidak dengan ukuran yang
besar dan jelas.
Memberikan pertanyaan
pada peserta didik sesuai dengan gambar yang ditunjukan.
o
Gambar/foto apa ini?
o
Apa perbedaan halaman
rumah yang ada pada gambar kedua?
o
Bagaimana halaman
rumahmu?
1. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
menceritakan keadaan halaman rumahnya masing-masing.
2. Setelah peserta didik menceritakan tentang
keadaan halaman rumahnya, menugaskan peserta didik untuk menggambar halaman
rumahnya di buku gambar sesuai dengan kemampuan peserta didik..
3. Guru menerangkan kembali tentang lingkungan
rumah yang bersih. Cara menjaga lingkungan dengan baik, serta menerangkan
dampak negatif apabila tidak menjaga/membersihkan lingkungan tempat tinggal.
4. Mengajak peserta didik untuk merawat serta
menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya, serta mempraktekannya tidak hanya di
lingkungan sekolah tetapi juga dirumah dan sekitarnya dimana mereka berada.
6.
Penegasan
Menanamkan rasa
memiliki serta peduli akan lingkungan pada peserta didik sangatlah penting.
Tidak hanya pada lingkungan sekolah saja melainkan juga lingkungan rumah dan
sekitarnya tempat anak tinggal atau melakukan kegiatan. Sebaiknya penerapan
sikap tersebut dilakukan sedini mungkin sehingga anak akan menjadi terbiasa dan
tumbuh menjadi pribadi yang menghargai dan bersahabat dengan lingkungan.
7.
Evaluasi
1. Tes
kinerja
o
Penilaian terhadap pengetahuan peserta
didik tentang lingkunganya pada saat memaparkan kondisi halaman rumahnya.
o
Keikut sertaan peserta didik ketika kegiatan
belajar mengajar berlangsung
o
Pengerjaan tugas-tugas yang diberikan
2. Tes
sikap
No
|
Sikap
|
Setuju
|
Tidak
setuju
|
1
2
3
4
|
Memperhatikan ketika
guru menerangkan
Mengikuti instruksi
yang diberikan
Berpakaian bersih dan
rapih
Membuang sampah pada
tempatnya
|
0 komentar:
Posting Komentar