RSS
Selamat Datang

Belajar RPP Terpadu


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah           : SD Harapan 1
Tema                          : Satu Nusa Satu Bangsa
Kelas/Semester          : IV (Empat)/1 (Satu)
Alokasi Waktu           : 12x35 Menit (3xpertemuan)

A.    Standar Kompetensi
§  Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1.      Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambing korps
§  IPS
1.      Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
§  PKN
1.      Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan
§  SBK
Seni Musik
12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

B.     Kompetensi Dasar
§  Bahasa Indonesia
1.1  Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
1.2  Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang symbol daerah/lambang korps
§  IPS
.4         Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)


§  PKN
1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan
§  SBK
12.3  Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana

C.      Indikator
§  Bahasa Indonesia
·           Memahami matei yang dijelaskan oleh guru
·           Mampu membuat gambat/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
·           Memehami tentang simbol daerah/lambang korps  di derah tempat tinggal
·           Menjelaskan kembali simbol daerah/lambang korps  di derah tempat tinggal baik secara lisan maupun tulisan.
§  IPS
1.      Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika
2.      Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
3.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
4.      Menunjukan sikap menerima dan menjaga keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat
§  PKN
·           Menjelaskan tentang lembaga-lembaga pemerintahan yang ada di daerahnya
·           Mengidentifikasi struktur organisasi pemerintahan desa yang ada di daerahnya
·           Menjelaskan tentang  lembaga-lembaga dalam pemerintahan kecamatan
§  SBK
·         Mengenal lagu wajib dan lagu daerah
·         Menyebutkan lagu wajib  dan daerah yang diketahui
·         Menyanyikan salah satu lagu wajib dan lagu daerah yang dikenal
·            
D.  Tujuan
§   Siswa dapat memahami penjelasan yang diberikan oleg guru maupun temannya
§   Siswa dapat membuat gambar/denah berdasarkan penjelsan dari guru atau temannya
§   Siswa dapat memahami tentang simbol daerah/lambang korps setelah mendengarkan penjelasan dari guru atau teman
§   Siswa dapat menerangkan kembali simbol  daerah/lambang korps suatu daerah di depan kelas
§   Siswa dapat menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
§   Siswa mampu menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
§   Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
§   Siswa mampu memberikan contoh perilaku menghargai, menerima dan menjaga keragaman suku bangsa dan budaya setempat
§   Siswa dapat menerangkan lembaga-lembaga yang ada di pemerintahan desanya
§   Siswa dapat menyebutkan tugas dari masing-masing lembaga yang ada di perintahan desa
§   Siswa dapat memahami struktur organisasi pemerintahan yang ada di desa melalui pengamatan langsung
§   Siswa dapat menyebutkan lembaga-lembaga yang ada di dalam pemerintahan kecamatan
§   Siswa dapat menyebutkan judul lagu daerah yang dikenalnya.
§   Secara individu maupun klasikal menyanyikan sebuah lagu daerah yang terkenal dari daerah asalnya.
§   Siswa dapat menyebutkan 5 judul lagu wajib yang dikenalnya.
§   Siswa dapat menyanyikan lagu wajib dengan penuh semangat dan percaya diri.

E.  Karakter Siswa yang diharapkan
·         Siswa dapat menghargai sesama, disiplin dan bertanggung jawab
·         Dapat bekerjasama dalam kelompok
·         Keterampilam sosial: siswa dapat menunjukkan kemampuan bertanya dan menjadi pendengar yang baik.

F.   Materi Ajar
·           Bahasa Indonesia
Menjelaskan simbol daerah jawa barat
Berikut ini adalah Arti simbol daerah Jawa barat:
1.      Kujang adalah senjata tradisional Jawa Barat. Gambar kujang  bermakna agar orang senantiasa dapat menjaga diri dan selalu waspada.
2.      Padi melambangkan pangan atau makanan pokok penduduk Jawa Barat. Padi yang berjumlah 17 melambangkan tanggal kemerdekaan negara Indonesia.
3.      Kapas melambangkan sandang dengan kapas berjumlah delapan yang melambangkan bulan Proklamasi Kemerdekaan RI.
4.      Gunung menggambarkan wilayah Jawa Barat yang bergunung-gunung.
5.      Sungai  dan Terusan melambangkan tersebarnya sawah dan perkebunan di Jawa Barat.
6.      Dam, Saluran Air, dan Bendungan melambangkan bidang irigasi menjadi usaha pokok Jawa Barat dalam mengembangkan lahan pertanian.
7.  Warna dasar hijau melambangkan tanah Jawa Barat.

·           PKN
A.    Lembega-lembaga dalam susunan pemerintahan desa
B.     Struktur organisasi pemerintahan desa
C.     Lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kecamatan
·           IPS
A.    Bhinneka Tunggal Ika : 1.  Makna Bhinneka Tunggal Ika
1.      Persatuan dan Kesatuan
B.     Ragam Suku Bangsa dan Budaya
1.      Suku Bangsa :
a.    Suku Bangsa Jawa
b.   Suku Bangsa Sunda
c.    Suku Bangsa Batak
d.   Suku Bangsa Dayak
2.    Budaya Setempat
a.    Pakaian Adat
b.   Rumah Adat
c.    Tarian dan Lagu
d.   Alat Musik Tradisional
3.      Menghargai dan memelihara Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
·         SBK
Lagu-lagu daerah
Lagu-lagu wajib
A.      Metode Pembelajaran
·      Ceramah
·      Diskusi
·      Tanya jawab
·      Demonstrasi
·      Pemberian Tugas
B.       Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
·       Kegiatan awal
-      Guru membuka pembelajaran dengan memberi salam.
-      Guru mengajak siswa untuk berdoa
-      Guru memeriksa kehadiran siswa
-      Mengkondisikan tempat duduk siswa dan memeriksa kebersihan kelas.
-      Guru bersama-sama siswa melakukan gerakan-gerakan atau nyanyian yang dapat membangkitkan semangat awal siswa
-      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·       Kegiatan inti
-    Eksplorasi
-       Siswa bersama guru menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” dengan iringan tepuk tangan.
-       Tanya jawab tentang pengertian “Bhineka Tunggal Ika”
-       Menjelaskan pengertian “Bhineka Tunggal Ika” dan Lamabang/Simbol Negara Indonesia
-       Guru menjelaskan tentang lembaga-lembaga dalam susunan pemerintah desa
-       Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk melakukan diskusi terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari.
-       Setelah kelompok terbentuk, guru membegikan lembar tugas pada masing-masing kelompok
-       Siswa mendengarkan intruksi/ petunjuk dari guru dalam kegiatan diskusi
-       Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru
-    Elaborasi
-       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis tugas  yang dilakukan masing-masing kelompok
-       Siswa berdiskusi bersama temannya untuk menyajikan hasil kerja kelompok,
-       Siswa melaporkan hasil diskusinya di depan kelas, kelompok lain menanggapinya.
-       Setelah kegiatan kelompok selesai, guru mengulas tentang pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
-       Membagikan lembar tugas pada masing-masing siswa berkaitan dengan materi tentang Pentingnya Persatuan dalam keragaman budaya
-       Memberikan waktu kepada siswa untuk mengerjakan tugas individu
-       Meminta beberapa siswa untuk membecakan hasil tugasnya di depan kelas
-       Mengumpulkan tugas sebagai portofolio
-    Konfirmasi
-      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
-      Memberikan motivasi kepada siswa yang belum aktif
-       Kegiatan Penutup
-       Guru dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
-       Penugasan (Membuat gambar lambing Negara Indonesia di rumah)
-       Meminta siswa bersama-sama merapikan tempat duduk seperti semula
-       Guru mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
Pertemuan 2
·      Kegiatan awal
-       Guru mengkondisikan siswa ke dalam situasi belajar yang kondusif.
-       Merapikan siswa, salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa.
-       Menyanyikan yel-yel/ nyanyi nyanyian pembangkit semangat.
-       Bertanya jawab mengenai pembelajaran sebelumnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dibahas
-        Menginformasikan atau menyampaikan serta memberikan sedikit gambaran mengenai materi yang akan dipelajari (tema).
·       Kegiatan inti
-    Eksplorasi
-       Siswa bersama guru menyanyikan lagu daerah Bubuy Bulan” dengan iringan tepuk tangan.
-       Guru bersama-sama siswa membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat, seperti bahasa, suku, tarian, alat musik, lagu daerah dan sebagainya melaui media gambar/video
-       Memberikan contoh cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat
-       Guru memperlihatkan gambar struktur organisasi pemerintahan desa
-       Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai struktur pemerintahan desa
-       Membagi siswa kedalam beberapa kelompok, untuk melakukan diskusi mengenai keragaman suku bangsa di derahnya.
-       Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru
-    Elaborasi
-       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis tugas  yang dilakukan masing-masing kelompok
-       Siswa berdiskusi bersama temannya untuk menyajikan hasil kerja kelompok,
-       Siswa melaporkan hasil diskusinya di depan kelas, kelompok lain menanggapinya.
-    Konfirmasi
-       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
-       Memberikan motivasi kepada siswa yang belum aktif
-       Kegiatan Penutup
-       Guru dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
-       Penugasan ( memberikan tugas portofolio kepada setiap siswa, mencari lagu-lagu derah di tempatnya tinggal)
-       Meminta siswa bersama-sama merapikan tempat duduk seperti semula
Guru mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
     Pertemuan 3
·       Kegiatan awal
-       Guru mengkondisikan siswa ke dalam situasi belajar yang kondusif.
-       Merapikan siswa, salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa.
-       Menyanyikan yel-yel/ nyanyi nyanyian pembangkit semangat.
-       Bertanya jawab mengenai pembelajaran sebelumnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dibahas
-        Menginformasikan atau menyampaikan serta memberikan sedikit gambaran mengenai materi yang akan dipelajari (tema).
·       Kegiatan inti
-    Eksplorasi
-       Siswa bersama guru menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Meraoke” dengan iringan tepuk tangan.
-       Guru menjelaskan materi tentang menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa di masyarakat dan menjaga keragaman suku dan budaya yang ada di Indonesia
-       Guru meminta siswa menunjukkan keragaman budaya di daerahnya melalui peta
-       Guru menjelaskan tentang simbol/lambang daerah jawa barat
-       Guru menerangkan susunan pemerintahan yang ada di kecamatan
-       Membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk mendiskusijan materi yang sedang dipelajari
-       Guru membagikan lembar kegiatan kepada masing-masing kelompok
-       Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru
-    Elaborasi
-       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis tugas  yang dilakukan masing-masing kelompok
-       Siswa berdiskusi bersama temannya untuk menyajikan hasil kerja kelompok,
-       Siswa melaporkan hasil diskusinya di depan kelas, kelompok lain menanggapinya.
-    Konfirmasi
-       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
-       Memberikan motivasi kepada siswa yang belum aktif
-       Kegiatan Penutup
-     Guru dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
-     Penugasan
-     Meminta siswa bersama-sama merapikan tempat duduk seperti semula
-     Guru mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

C.      Alat, Media Dan Sumber Belajar
Ø Alat dan Media
Gambar-gambar/Video aneka suku bangsa dan budaya di Indonesia
Gambar Lambang Negara Indonesia
Gambar Simbol/lambang derah Jawa Barat
Peta Wilayah Indonesia
Lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa
Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa
Lirik Lagu Bubuy Bulan
Infocus
Ø Sumber Pembelajaran
Sadiman, Irawan Sadad dan Amalia, Shendy. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (BSE).
Pujiati, Retno Heny dan Yuliati, Umi. (2008). Cerdas Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (BSE).
Hisnu P. Winardi, Tantya. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (BSE).
Warsidi, Edi dan Farika (2007). Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (BSE).


D.      PENILAIAN
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·           IPS
1.    Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika
2.    Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
3.    Mengidentifikasi bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
4.    Menunjukan sikap menerima dan menjaga keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat
·     SBK
·      Mengenal lagu wajib dan lagu daerah
·      Menyebutkan lagu wajib  dan daerah yang diketahui
·      Menyanyikan salah satu lagu wajib dan lagu daerah yang dikenal
·     Bahasa Indonesia
·         Memehami tentang simbol daerah/lambang korps  di derah tempat tinggal
·         Menjelaskan kembali simbol daerah/lambang korps  di derah tempat tinggal baik secara lisan maupun tulisan
·     PKN
·         Menjelaskan tentang lembaga-lembaga pemerintahan yang ada di daerahnya
·           Mengidentifikasi struktur organisasi pemerintahan desa yang ada di daerahnya
·           Menjelaskan tentang  lembaga-lembaga dalam pemerintahan kecamatan
Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Portofolio
·  Apa pengertian dari “Bhineka Tunggal Ika”?
·  Sebutkan suku bangsa apa saja yang ada di sekitar daerah tempat tinggalmu!
















·  Sebutkan lagu wajib dan daerah yang kamu ketahui!
·  Nanyikanlah lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”!






·  Dengarkanlah penjelasan guru/temanmu tentang simbol/lambang Provinsi Jawa Barat
·  Jelaskan kembali Makna Lambang Provinsi Jawa Barat setelah mendengar penjelasan dari guru/temanmu!








·  Sebutkan lembaga-lembaga yeng ada di pemerintahan desa!
·  Buatlah bagan mengenai organisasi pemerintahan desa yang ada di daerahmu!




LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Tes (lisan, tulisan, unjuk kerja)
Non tes ( Portofolio, penilaian sikap)

Ket :Soal terlampir










Penilaian Portofolio
Kompetensi Dasar
1.    Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
12.     Mengekspresikan diri melalui karya seni music
1.      Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps
1.      Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan

Nama Peserta Didik     :
Tanggal                         :

Indikator
Penilaian
Bahasa Indonesia
IPS
Seni dan Budaya

PKN
Kepahaman
Penyampaian
Kepahaman
Penyampaian

Pemahaman Isi Lagu
Kesesuaian nada
Penya-mpaian
Kepaham-an
IPS
·         Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika
·         Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
·         Menunjukan sikap menerima dan menjaga keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat
SBK
·      Mengenal lagu wajib dan lagu daerah
·      Menyebutkan lagu wajib  dan daerah yang diketahui
·      Menyanyikan salah satu lagu wajib dan lagu daerah yang dikenal
Bahasa Indonesia
·         Memehami tentang simbol daerah/lambang korps  di derah tempat tinggal
·         Menjelaskan kembali simbol daerah/lambang korps  di derah tempat tinggal baik secara lisan maupun tulisan
PKN
·         Menjelaskan tentang lembaga-lembaga pemerintahan yang ada di daerahnya
·           Mengidentifikasi struktur organisasi pemerintahan desa yang ada di daerahnya
·      Menjelaskan tentang  lembaga-lembaga dalam pemerintahan kecamatan








Dicapai melalui :
·         Pertolongan guru
·         Seluruh Kelas
·         Kelompok Kecil
·         Individu
Komentar Guru:


Komentar Orang Tua :







Keterangan    : Skor dari 10-100



     Bandung, 26 April 2012

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                            Guru Praktikan,


                                                                                                                   Guru Kelas IV   
NIP.                                                                                                    NIP.

0 komentar:

Posting Komentar