RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SD Harapan 1
Tema : Satu Nusa Satu
Bangsa
Kelas/Semester : IV (Empat)/1 (Satu)
Alokasi
Waktu : 12x35 Menit
(3xpertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
§ Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambing korps
§ IPS
1. Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi
§ PKN
1. Memahami
sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan
§ SBK
Seni
Musik
12. Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
B.
Kompetensi
Dasar
§ Bahasa Indonesia
1.1 Membuat
gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
1.2 Menjelaskan
kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang symbol daerah/lambang korps
§ IPS
.4
Menghargai keragaman suku bangsa dan
budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
§ PKN
1.1
Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah
kecamatan
§ SBK
12.3 Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan
iringan sederhana
C.
Indikator
§ Bahasa Indonesia
·
Memahami matei yang dijelaskan oleh guru
·
Mampu membuat gambat/denah berdasarkan
penjelasan yang didengar
·
Memehami tentang simbol daerah/lambang
korps di derah tempat tinggal
·
Menjelaskan kembali simbol
daerah/lambang korps di derah tempat
tinggal baik secara lisan maupun tulisan.
§ IPS
1. Menjelaskan
pengertian Bhineka Tunggal Ika
2. Menjelaskan
pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
3. Mengidentifikasi
bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
4. Menunjukan
sikap menerima dan menjaga keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat
§ PKN
·
Menjelaskan tentang lembaga-lembaga
pemerintahan yang ada di daerahnya
·
Mengidentifikasi struktur organisasi
pemerintahan desa yang ada di daerahnya
·
Menjelaskan tentang lembaga-lembaga dalam pemerintahan kecamatan
§ SBK
·
Mengenal lagu wajib dan lagu daerah
·
Menyebutkan lagu wajib dan daerah yang diketahui
·
Menyanyikan salah satu lagu wajib dan
lagu daerah yang dikenal
·
D. Tujuan
§ Siswa
dapat memahami penjelasan yang diberikan oleg guru maupun temannya
§ Siswa
dapat membuat gambar/denah berdasarkan penjelsan dari guru atau temannya
§ Siswa
dapat memahami tentang simbol daerah/lambang korps setelah mendengarkan
penjelasan dari guru atau teman
§ Siswa
dapat menerangkan kembali simbol
daerah/lambang korps suatu daerah di depan kelas
§ Siswa
dapat menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
§ Siswa
mampu menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
§ Siswa
dapat menjelaskan bentuk-bentuk keragaman
suku bangsa dan budaya setempat
§ Siswa mampu memberikan contoh perilaku menghargai,
menerima dan menjaga keragaman suku bangsa dan budaya setempat
§ Siswa
dapat menerangkan lembaga-lembaga yang ada di pemerintahan desanya
§ Siswa
dapat menyebutkan tugas dari masing-masing lembaga yang ada di perintahan desa
§ Siswa
dapat memahami struktur organisasi pemerintahan yang ada di desa melalui
pengamatan langsung
§ Siswa
dapat menyebutkan lembaga-lembaga yang ada di dalam pemerintahan kecamatan
§ Siswa dapat menyebutkan judul lagu daerah yang
dikenalnya.
§ Secara
individu maupun klasikal menyanyikan sebuah lagu daerah yang terkenal dari
daerah asalnya.
§ Siswa dapat menyebutkan
5 judul lagu wajib yang dikenalnya.
§ Siswa dapat menyanyikan
lagu wajib dengan penuh semangat dan percaya diri.
E. Karakter Siswa yang diharapkan
·
Siswa dapat menghargai sesama, disiplin
dan bertanggung jawab
·
Dapat bekerjasama dalam kelompok
·
Keterampilam sosial: siswa dapat
menunjukkan kemampuan bertanya dan menjadi pendengar yang baik.
F.
Materi
Ajar
·
Bahasa
Indonesia
Menjelaskan
simbol daerah jawa barat
Berikut
ini adalah Arti simbol daerah Jawa barat:
1. Kujang
adalah senjata tradisional Jawa Barat. Gambar kujang bermakna agar orang senantiasa dapat menjaga
diri dan selalu waspada.
2. Padi
melambangkan pangan atau makanan pokok penduduk Jawa Barat. Padi yang berjumlah
17 melambangkan tanggal kemerdekaan negara Indonesia.
3. Kapas
melambangkan sandang dengan kapas berjumlah delapan yang melambangkan bulan
Proklamasi Kemerdekaan RI.
4. Gunung
menggambarkan wilayah Jawa Barat yang bergunung-gunung.
5. Sungai dan Terusan melambangkan tersebarnya sawah
dan perkebunan di Jawa Barat.
6. Dam,
Saluran Air, dan Bendungan melambangkan bidang irigasi menjadi usaha pokok Jawa
Barat dalam mengembangkan lahan pertanian.
7. Warna dasar hijau melambangkan tanah Jawa
Barat.
·
PKN
A. Lembega-lembaga dalam susunan pemerintahan
desa
B. Struktur organisasi pemerintahan desa
C. Lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan
kecamatan
·
IPS
A. Bhinneka
Tunggal Ika : 1. Makna Bhinneka Tunggal
Ika
1. Persatuan
dan Kesatuan
B. Ragam
Suku Bangsa dan Budaya
1. Suku
Bangsa :
a. Suku
Bangsa Jawa
b. Suku
Bangsa Sunda
c. Suku
Bangsa Batak
d. Suku
Bangsa Dayak
2. Budaya
Setempat
a. Pakaian
Adat
b. Rumah
Adat
c. Tarian
dan Lagu
d. Alat
Musik Tradisional
3. Menghargai
dan memelihara Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
·
SBK
Lagu-lagu
daerah
Lagu-lagu
wajib
A.
Metode Pembelajaran
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
· Demonstrasi
· Pemberian Tugas
B.
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
· Kegiatan awal
-
Guru membuka pembelajaran dengan memberi salam.
-
Guru
mengajak siswa untuk berdoa
-
Guru memeriksa kehadiran siswa
-
Mengkondisikan tempat duduk siswa dan memeriksa
kebersihan kelas.
-
Guru
bersama-sama siswa melakukan gerakan-gerakan atau nyanyian yang dapat
membangkitkan semangat awal siswa
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
· Kegiatan inti
- Eksplorasi
-
Siswa
bersama guru menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” dengan iringan tepuk tangan.
-
Tanya jawab tentang pengertian “Bhineka Tunggal
Ika”
-
Menjelaskan pengertian “Bhineka Tunggal Ika” dan Lamabang/Simbol Negara Indonesia
-
Guru
menjelaskan tentang lembaga-lembaga dalam susunan pemerintah desa
-
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk melakukan
diskusi terhadap materi pelajaran yang akan
dipelajari.
-
Setelah kelompok terbentuk, guru
membegikan lembar tugas pada masing-masing kelompok
-
Siswa
mendengarkan intruksi/ petunjuk dari guru dalam kegiatan diskusi
-
Siswa
melakukan diskusi dengan bimbingan guru
- Elaborasi
-
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis tugas
yang dilakukan masing-masing kelompok
-
Siswa
berdiskusi bersama temannya untuk menyajikan hasil kerja kelompok,
-
Siswa
melaporkan hasil diskusinya di depan kelas, kelompok lain menanggapinya.
-
Setelah kegiatan kelompok selesai, guru
mengulas tentang pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
-
Membagikan
lembar tugas pada masing-masing siswa berkaitan dengan materi tentang
Pentingnya Persatuan dalam keragaman budaya
-
Memberikan
waktu kepada siswa untuk mengerjakan tugas individu
-
Meminta
beberapa siswa untuk membecakan hasil tugasnya di depan kelas
-
Mengumpulkan
tugas sebagai portofolio
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Memberikan motivasi kepada siswa yang belum
aktif
-
Kegiatan
Penutup
-
Guru dan
siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
- Penugasan (Membuat gambar lambing Negara Indonesia di
rumah)
- Meminta
siswa bersama-sama merapikan tempat duduk seperti semula
- Guru mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri pelajaran
Pertemuan 2
· Kegiatan awal
-
Guru
mengkondisikan siswa ke dalam situasi belajar yang kondusif.
-
Merapikan
siswa, salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa.
- Menyanyikan yel-yel/ nyanyi nyanyian
pembangkit semangat.
- Bertanya
jawab mengenai pembelajaran sebelumnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang
akan dibahas
- Menginformasikan atau menyampaikan serta
memberikan sedikit gambaran mengenai materi yang akan dipelajari (tema).
· Kegiatan inti
- Eksplorasi
-
Siswa
bersama guru menyanyikan lagu daerah “Bubuy Bulan” dengan iringan tepuk tangan.
-
Guru bersama-sama siswa membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa
dan budaya setempat,
seperti bahasa, suku, tarian, alat musik, lagu daerah dan sebagainya melaui
media gambar/video
-
Memberikan contoh cara menghargai keragaman suku
bangsa dan budaya setempat
-
Guru
memperlihatkan gambar struktur organisasi pemerintahan desa
-
Guru
bertanya jawab dengan siswa mengenai struktur pemerintahan desa
-
Membagi
siswa kedalam beberapa kelompok, untuk melakukan diskusi mengenai keragaman
suku bangsa di derahnya.
-
Siswa
melakukan diskusi dengan bimbingan guru
- Elaborasi
-
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis tugas
yang dilakukan masing-masing kelompok
-
Siswa
berdiskusi bersama temannya untuk menyajikan hasil kerja kelompok,
-
Siswa
melaporkan hasil diskusinya di depan kelas, kelompok lain
menanggapinya.
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Memberikan motivasi kepada siswa yang belum
aktif
-
Kegiatan
Penutup
-
Guru dan
siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
- Penugasan ( memberikan tugas portofolio kepada setiap
siswa, mencari lagu-lagu derah di tempatnya tinggal)
- Meminta
siswa bersama-sama merapikan tempat duduk seperti semula
Guru mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri pelajaran
Pertemuan 3
· Kegiatan awal
-
Guru
mengkondisikan siswa ke dalam situasi belajar yang kondusif.
-
Merapikan
siswa, salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa.
- Menyanyikan yel-yel/ nyanyi nyanyian
pembangkit semangat.
- Bertanya
jawab mengenai pembelajaran sebelumnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang
akan dibahas
- Menginformasikan atau menyampaikan serta
memberikan sedikit gambaran mengenai materi yang akan dipelajari (tema).
· Kegiatan inti
- Eksplorasi
- Siswa bersama guru menyanyikan lagu “Dari
Sabang sampai Meraoke” dengan
iringan tepuk tangan.
- Guru menjelaskan materi tentang menunjukkan sikap menerima
keragaman suku bangsa di masyarakat dan menjaga keragaman suku dan budaya yang ada di Indonesia
- Guru meminta siswa menunjukkan keragaman
budaya di daerahnya melalui peta
- Guru menjelaskan tentang simbol/lambang daerah
jawa barat
- Guru menerangkan susunan pemerintahan yang ada
di kecamatan
- Membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk
mendiskusijan materi yang sedang dipelajari
- Guru membagikan lembar kegiatan kepada
masing-masing kelompok
- Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru
- Elaborasi
-
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis tugas
yang dilakukan masing-masing kelompok
-
Siswa
berdiskusi bersama temannya untuk menyajikan hasil kerja kelompok,
-
Siswa
melaporkan hasil diskusinya di depan kelas, kelompok lain
menanggapinya.
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Memberikan motivasi kepada siswa yang belum
aktif
-
Kegiatan
Penutup
- Guru dan siswa secara bersama-sama
menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
- Penugasan
- Meminta
siswa bersama-sama merapikan tempat duduk seperti semula
- Guru mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri pelajaran
C. Alat, Media Dan Sumber
Belajar
Ø Alat dan Media
Gambar-gambar/Video aneka suku bangsa dan budaya di
Indonesia
Gambar Lambang Negara Indonesia
Gambar Simbol/lambang derah Jawa Barat
Peta Wilayah Indonesia
Lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa
Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa
Lirik Lagu Bubuy Bulan
Infocus
Ø Sumber Pembelajaran
Sadiman,
Irawan Sadad dan Amalia, Shendy. (2008). Ilmu
Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
(BSE).
Pujiati,
Retno Heny dan Yuliati, Umi. (2008). Cerdas
Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
(BSE).
Hisnu P.
Winardi, Tantya. (2008). Ilmu Pengetahuan
Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (BSE).
Warsidi,
Edi dan Farika (2007). Bahasa Indonesia
Membuatku Cerdas. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
(BSE).
D.
PENILAIAN
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
IPS
1. Menjelaskan
pengertian Bhineka Tunggal Ika
2. Menjelaskan
pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
3. Mengidentifikasi
bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
4. Menunjukan
sikap menerima dan menjaga keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat
· SBK
· Mengenal
lagu wajib dan lagu daerah
· Menyebutkan
lagu wajib dan daerah yang diketahui
· Menyanyikan
salah satu lagu wajib dan lagu daerah yang dikenal
· Bahasa Indonesia
·
Memehami tentang simbol
daerah/lambang korps di derah tempat
tinggal
·
Menjelaskan kembali simbol
daerah/lambang korps di derah tempat
tinggal baik secara lisan maupun tulisan
· PKN
·
Menjelaskan tentang
lembaga-lembaga pemerintahan yang ada di daerahnya
·
Mengidentifikasi struktur
organisasi pemerintahan desa yang ada di daerahnya
·
Menjelaskan tentang lembaga-lembaga dalam pemerintahan
kecamatan
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Portofolio
|
· Apa pengertian dari “Bhineka Tunggal Ika”?
· Sebutkan suku bangsa apa saja yang ada di sekitar daerah tempat
tinggalmu!
· Sebutkan lagu wajib dan daerah yang kamu ketahui!
· Nanyikanlah lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”!
· Dengarkanlah penjelasan
guru/temanmu tentang simbol/lambang Provinsi Jawa Barat
· Jelaskan kembali Makna
Lambang Provinsi Jawa Barat setelah mendengar penjelasan dari guru/temanmu!
· Sebutkan
lembaga-lembaga yeng ada di pemerintahan desa!
· Buatlah bagan mengenai
organisasi pemerintahan desa yang ada di daerahmu!
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Tes
(lisan, tulisan, unjuk kerja)
Non tes ( Portofolio, penilaian sikap)
Ket :Soal terlampir
Penilaian Portofolio
Kompetensi Dasar
1.
Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi
12.
Mengekspresikan
diri melalui karya seni music
1.
Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps
1.
Memahami
sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan
|
Nama Peserta Didik :
Tanggal
:
|
|||||||
Indikator
|
Penilaian
|
|||||||
Bahasa Indonesia
|
IPS
|
Seni dan Budaya
|
PKN
|
|||||
Kepahaman
|
Penyampaian
|
Kepahaman
|
Penyampaian
|
Pemahaman Isi Lagu
|
Kesesuaian nada
|
Penya-mpaian
|
Kepaham-an
|
|
IPS
·
Menjelaskan
pengertian Bhineka Tunggal Ika
·
Menjelaskan
pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
·
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
·
Menunjukan
sikap menerima dan menjaga keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat
SBK
·
Mengenal
lagu wajib dan lagu daerah
·
Menyebutkan
lagu wajib dan daerah yang diketahui
·
Menyanyikan
salah satu lagu wajib dan lagu daerah yang dikenal
Bahasa
Indonesia
·
Memehami
tentang simbol daerah/lambang korps di
derah tempat tinggal
·
Menjelaskan
kembali simbol daerah/lambang korps di
derah tempat tinggal baik secara lisan maupun tulisan
PKN
·
Menjelaskan
tentang lembaga-lembaga pemerintahan yang ada di daerahnya
·
Mengidentifikasi
struktur organisasi pemerintahan desa yang ada di daerahnya
·
Menjelaskan
tentang lembaga-lembaga dalam
pemerintahan kecamatan
|
||||||||
Dicapai
melalui :
·
Pertolongan
guru
·
Seluruh
Kelas
·
Kelompok
Kecil
·
Individu
|
Komentar Guru:
|
|||||||
Komentar Orang Tua :
|
Keterangan : Skor dari
10-100
Bandung, 26 April 2012
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Praktikan,
Guru
Kelas IV
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar